CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

4.3.09

Komuter... JKT-SING-KL (part two-last)


so, d KL, komuternya lebih lengkap and terpadu, istilahnya integrated lahh, malaysia memadukan layanan komuter antara monorail, subway, bus, dan kereta byasa dalam satu layanan atw single trip fare, artinya dengan skali bayar bisa ke tempat tujuan dengan kendaraan yg beda2..

favorit gw tuh monorail, simple and compack, kayak d taman mini, tp ini lebih bagus, track kereta nya tuh single, jd kliatan simple dan gag ganggu pemandangan kota, station nya jg bagus, nyatu ama jembatan d atas jalan raya gitu.. masih sama ama MRT, beli tiket, brosur utk turis.. pokoknya kyk kendaraan d masa depan klo liat d film2... relnya tuh bukan rel byasa, tp cuma... mhh.. apa yahh.. pkknya cant describe dehh... sophisticated !!!



wkt itu mo ke petronas twin towers, dan hanya bisa naik subway yg langsung ke gedung sebelah petronas, KLCC, dan gag spt MRT, subway d KL menghubungkan gedung2 perkantoran, mirip US. jd kita naik monorail dulu, trus interchange ke subway (kyk busway laa), subway malaysia juga gag jauh beda ama MRT, tp lebih kyk subway d US, gag ada interchange d dlm tanah, jd cuma 1 tingkat ajahh..

mengenai bus d malaysia, mmhh.. waktu itu mo ke putrajaya, tempat pusat pemerintahan malaysia, kyk gedung DPR, istana presiden, dan rumah2 pejabat di pusatkan dalam 1 kota namanya putrajaya yang di jadikan tempat wisata juga karena lokasi dan ornamen2 kota yang indah bgt. utk ke sana harus naik kereta yang sejurusan ama kereta ke bandara KL, KLIA... jd pas mo bayar, pasti d tanya, mo ke putra jaya ato KLIA, karna cuma ada 2 pilihan itu.

karna keretanya di pake juga buat ke bandara (klo d JKT namanya BUS DAMRI kalee yahh, yg mahal ituhh..) pastinya keretanya bagus bgt, kyk... kyk... apa yahh... bagus deh, ber-AC dan ada TV-nya dengan film2 dari Astro, hidup penuh warna, hahaaa... sampe d putrajaya, keliling naik bus, busnya sama kyk busway, tp ada pencetan tombol bel buat berhenti, yg gag ke pake juga karna bus berhenti tertib d setiap halte, bahkan ad yg cuma tiang plang rambu byasa setinggi 2 meter bergambar bus, tapi orang rela nunggu hujan2an d deket tiang itu, dan bus pun berhenti d deket tiang, smua dengan tertib...

okey... time to go home, dari KL mo balik lagi ke singapore, waktu itu gw milih naik kereta, kereta byasa d atas tanah, buat variasi ajahh, skalian bandingin ama kereta jadebotabek... hahaaa...sama aj c, ad klas bisnis dan eksekutif yg agak mahalan, gw pilih yg pilihan pertama... and then, kejutan pertama, slain dpt tiketnya, juga dapet jadwal pemberhentian kereta d stiap station lengkap ama jam and menit.

kejutan kedua, setelah masuk kereta, ternyata itu yahh.. udah paling murah.. tp ber-AC dan ada TV pula dengan acara film bioskop astro.. d dalem yahh... sepiii bgt, luas dan lega deyhh... sampe d singapore, lgs pulang and balik ke jakarta....

thanks to singapore-KL yg telah memperlihatkan layanan komuternya yg terbaik, dan semoga Jakarta bahkan indonesia bisa mencontoh, setidaknya klo bukan dari sisi teknologi infrastruktur, tp mulai dari budaya dan kebiasaan masyarakatnya. semua indah, bila tertib dan saling memudahkan.

0 comments: