CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

9.2.12

Swiss.. At First...


udah lamaaaa bgt gag nge-blog, nah ini dya, i’m baack !! lagian sang istri juga udah posting blog ttg kehidupan baru di sini, yah supaya gag ketinggalan ikutan posting juga ahhh… yes here i am at swiss, tepatnya di jenewa, kanton/provinsi paling barat di swiss. to be honest, saya jujur mempertaruhkan reputasi baik saya saat sekolah SD dulu, bahwa pada saat penerimaan surat tugas utk ditempatkan di jenewa, saya… saya sama skali tidak tahu dimana itu jenewa !!
saya, yg mendapat julukan raja ibukota waktu SD dulu, hapal lebih dari 90 % ibukota negara2 didunia, saya sudah tahu ibukota maroko adalah rabat, ibukota suriname adalah paramaribo, ibukota afrika tengah adalah bangui, saya tahu sejak saya SD, tapi gag tau dimana jenewa ?? ya iyalah itu kan bukan ibukota.. hahaaaa….. betul kawan, ibukota swiss buka jenewa, bukan juga sekali lagi, bukan zurich !! tapi bern, tempat istri juga bekerja ditempatkan, terpisah 158 km, setara jakarta-bandung lah.

so whats up ini here ?? .. hmmm… swiss identik dengan coklat, susu, keju, alpen, gunung es, salju, danau, taman2, pohon2 dengan daun warna-warni…. pokoknya klo pemandangan mah persis sama dengan kalender!! hahaaaa……. oya sama wallpaper windows… heheee…. swiss berbahasa mayoritas german, lalu perancis, italia, dan roman, di jenewa berbahasa perancis dengan penduduk mayoritas protestan, maklum d sni lah gerakan pembaruan reformasi gereja jean calvin, sbg salah satu bapak pendiri kota jenewa. di bern, berbahasa swiss-german (mereka gag mau disamakan dengan bhs jerman)

mengenai bahasa, penduduknya strict bgt hny mau pake bhs perancis, jadinya, elo punya toefl and toeic tinggi juga gag akan ngaruh daahh, paling juga pake bahasa isyarat tuk nunjuk ke menu makanan.. hahaaa…. (sering bgt ini mah)… dulu pernah sumpah serapah klo saia benciiiii bgt ama bhs perancis….. and oh mai goat….. here I am, ditugaskan ke tempat berbahasa perancis.

being here is wonderful, (mencoba mendeskripsikan tanpa membandingkan sama jakarta tercintaahhh), udara sangat amat bersih, makanya ada anekdot klo orang asia di sni pasti milih mobil convertible yg bisa dibuka atapnya, kayak di pelem2.. hahaaa…… jalanan rapi, bebas macet, bus dan tram banyak…. anehnya, tepat waktu!! datangnya bus dan tram setiap skitar 15 menit slalu sama setiap jadwal, di halte2 dipasang timer berapa menit lagi bus/tram akan datang, yah ampuuuunn….
kereta??? kereta yg slalu saya maki2 di jakarta-bekasi ituh?? kalaah jauuuuuh bgt, d sni kereta paling murah 2nd class aja pasti duduk, tepat waktu, cepeeeet bgt, kayak pesawat..... alhasil ke bern cuma 1 jam 45 menit, beda kan jakarta-bandung bisa ampe 3 jam...ck..ck...ck....

di jenewa banyak taman2, danau dan sungai sbg pemandangan indah, apalagi pas musim gugur, daun2nya warna-warni kayak di kalender ama wallpaper, gw rasa, ustadz yg berdakwah d sni dan ngenalin islam dengan menawarkan surga dengan sungai2 mengalir, taman2 indah, dijamin gag bakalan laku, karena mereka udah punya semua itu, sungai bersih jernih, danau, taman, transportasi yg teratur, apalagi??
(trus, Dhis...?!!)