CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

27.3.13

Question that impossible to ask

Sebagai pemilik golongan darah AB, gw unik, mksdnya jalan pikiran gw unik, gag sama dengan orang jelata lainnya ya, ini udah gw sadari sejak SD, banyak hal dikepala gw pertanyaan2 yg sebenernya gw sadar, gag pantas utk ditanyakan, bukan gag pantas sii, it just seems not right to ask such question di negeri kita yg menjunjung adat ketimuran ini, di negeri dimana pengajaran, pendidikan, dan pemahaman atas konsep berdasarkan dogma, doktrin, text book, terima apa adanya, dan lahap apa yg ada di depan.

Berbeda dengan sistem pendidikan barat dimana proses menuju pemahaman dibangun atas dasar pertanyaan, diskusi, pengembangan alur pemikiran, dimana kita bisa bebas bertanya, bebas mengemukakan pendapat, bebas beropini.. hal tersebut memang gag lepas warisan budaya pengajaran aristoteles, socrates dan plato, dimana ketika murid bertanya maka sang guru akan bertanya balik namun menelikung sedikit agar si murid sadar dan membangun sendiri konsep pemahamannya berdasarkan jawaban2 sendiri si murid, sehingga jawaban kadang, bahkan sering datangnya dari diri sendiri, sadar atau tidak, itulah jawaban terbaik.

Konon karena pemilik golongan darah AB paling sedikit populasinya di dunia, gw cek ke google eh bener loh, hahaa.... kesian bener.. ditambah gw orang kuadran 3, nah lengkap sudah, unik, beda ditambah analitis pragmatis, menjadikan diri ini total introvert cuek.

Salahnya di negeri kita, bertanya adalah hal yg tabu, bertanya maka dianggap beropini dan mempertahankan prinsip, sesuatu yg melanggar adat ketimuran dimana norma dan nilai luhur kaum tua masih dijunjung tinggi, misal klo kita mo nanya “ dok apakah oral seks itu aman?“ maka kita, anda dan kebanyakan orang akan menganggap wah itu orang mau oral seks, pasti mau oral ntar malem, kayaknya doyan deh tuh orang, hahaaa.... that such question must rarely ask in the public audiens, ya kan?

Ato misal gw mo nanya, tadz (ustadz) klo saya jadi astronot, ntar solatnya ngadep mana? Hahaa… kebayangkan, that kind of question I wouldn’t ask, not in the TV, mosque ato dimanapun di seluruh penjuru bumi. Itu baru ama ustadz, kecederungan gw sih emang agama, politik, sejarah dan biologi, dan target bertanya gw tentu saja adalah guru, ah guru2 itu pasti kesel bin menyesal kenapa nyokap gw melahirkan gw kedunia, wkwkkk…

Sumpah gw nanya, ato calon mo nanya bukan karna iseng, bukan pula ngajak gelut tapi pure emang pengen tau, pengen cerdas dan menambah wawasan, pernah gw pengeen banget nanya waktu itu ama guru, bu emang diperkosa itu diapain sih? Ato nanya sama guru PPKN, pak, apakah supersemar itu benar2 ada? Di depan murid yg lain yang bahkan gag tau jumlah anggota MPR? Oh noo, gag akan gw nanya itu, wkwkkk….

 Mungkin yang salah sistem pendidikan kita, ato sistem pengajaran kita, kita jarang berdiskusi, jarang sekali menyatakan pendapat apalagi mempertahankan prinsip, ini penting karena dengan begitu kita membangun self-awareness, dignity, dan kehormatan diri sendiri, gag percaya? Berapa banyak anak yg cengeng cuma gara2 dia gag punya motor, ato punya motor masih cengeng karena di ceng2in ama temennya gara2 motornya Honda kayak motor ojek? Mempertahankan prinsip dengan berdiskusi penting agar diri anda, anak anda, atau kita semua sadar bahwa orang lain, entah temen entah pacar, adalah tidak begitu berharga dan tidak pantas dipikirin dibandingkan anda sendiri.

Berat ye omongan gw, ya udeee kembali ke topic, heheee…. Sebenernya gw mo nanya, ama siapa gag tau, dimana gag tau juga, pertanyaan yg aneh yg gag mungkin banget ditanya, gw mo nanya, tadz bisa gag di sekeliling kabah pake escalator kayak dibandara2, jd tinggal diem aja jalan sendiri, ato pas tawaf bisa gag pake helicopter muter2 7kali?, mo nanya juga klo udah ada kalkulator buat apa lagi sih belajar itung2an diatas kertas? Kenapa kalkulator gag dibolehin di kelas sekolah? Ato pengen banget gw ngomong ama kepala sekolah yg lagi koar2 pas upacara, gw mo bilang pak, tolong diperhatikan WC sekolah agar bisa layak dipakai.

0 comments: